Judul

http://picasion.com/gl/9ckg/
/

Tuesday, March 31, 2020

FUSHIGI YUUGI


Halo Animania, sudah lama tidak posting artikel di blog karena lebih sibuk jadi Youtuber. Setelah sekian lama vakum di blogger akhirnya kepengen lagi bikin artikel baru, dan kali ini kepengen lagi membahas anime lama yang juga salah satu anime populer dan favorit yang pernah tayang di indonesia pada stasiun TV TPI (sekarang MNCTV) sekitar tahun 2000 silam, yaitu Fushigi Yuugi (Curious Play). Bukan cuma animenya yang tayang di indonesia, tapi juga Manga nya terbitan M&C sudah dijual di Gramedia. Sekarang sudah tahun 2020, sepertinya sudah tidak dijual lagi ya kecuali diterbitkan ulang oleh Gramedia. Oke, tidak usah mikir lama-lama kita review sedikit dulu soal anime ini.

Pernahkan kalian merasakan masuk ke dalam sebuah cerita dan kalian berperan sebagai tokoh utama dari cerita tersebut?! Tentunya hal ini terbayang akan sangat menarik dan menyenangkan karena kalian dapat merasakan sendiri dunia yang di lukiskan di dalam cerita yang kalian masuki. Hal itu tidak akan selalu menyenangkan, karena kalian akan berada di sebuah dunia yang tidak kalian kenal dan sangat asing lagipula kalian tidak harus berbuat apa di sana. Belum lagi kalian harus berhubungan dengan orang-orang yang sangat asing bagi kalian. Tema ini lah yang diambil oleh anime Fushigi Yuugi ini.

Cerita Fushigi Yuugi pada dasarnya adalah cerita yang bertemakan Love Story dengan bumbu-bumbu komedi yang benar-benar bisa mengocok perut. Karenanya anime ini cocok untuk orang-orang yang sedang stress dan membutuhkan tontonan yang menghibur. Lagipula, dengan adanya unsur komedi, maka anime ini menjadi anime yang memiliki daya tarik tersendiri dan suasana yang ada di dalam anime ini sangat shoujo (kecewekan). Tetapi bukan berarti anime ini dikhususkan untuk cewek, karena Fushigi Yuugi juga sangat dikenal di kalangan cowok. Walau alur ceritanya sederhana namun Fushigi Yuugi mampu menyentuh hati sampai kepada akhir cerita. Namun Fushigi Yuugi banyak menyajikan unsur-unsur "dewasa" yang tidak pantas menjadi konsumsi anak kecil. 

Fushigi Yuugi adalah karya Yuu Watase, seorang shojou mangaka yang sangat terkenal di jepang. Karya-karyanya sangat disukai oleh para penggemar anime di dunia khususnya di indonesia. selain Fushigi Yuugi, manga nya yang sangat laris di indonesia ada Ayashi No Ceres, Imadoki dll. Fushigi Yuugi sendiri pertama kali dibuat dalam bentuk manga. Kemudian kesuksesan manga ini mengilhami pembuatan animenya. Ditayangkan mulai 06 April 1995 dan berakhir 26 Maret 1996, serial TV nya yang berjumlah 52 episode, mendapat sambutan yang luar biasa dari para penggemar di Jepang. Tetapi hal ini masih belum memuaskan Yuu Watase, yang juga ikut serta dalam pembuatan versi animenya, karena serial TV nya hanya mencakup sebagian cerita yang ditulisnya. untuk itu kemudian dibuat Original Animation Videonya (OAV) sepanjang 3 episode yang beredar pada tahun 1996. Tetapi OAV ini juga dirasa belum cukup karena OAV ini hanya digunakan untuk menyelaraskan jalan cerita antara anime dan manganya. untuk itu dibuat lagi OAV kedua yang diedarkan pada tahun 1997 dengan jumlah 6 episode. Yuu Watase baru merasa puas setelah pembuatan OAV yang kedua ini karena keseluruhan cerita Fushigi Yuugi yang ditulisnya telah diterjemahkan seluruhnya ke dalam bentuk animasi yang ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Seiring dengan kesuksesan anime ini, Yuu Watase kembali membuat OAV ketiga dengan judul Fushigi Yuugi: Eikoden, namun ceritanya tidak berhubungan dengan di manga, karena cerita manga berakhir di OAV kedua dan dari segi cerita juga sang tokoh utama sudah berubah. OAV ketiga Yuu Watase tidak sendirian tetapi dibantu oleh Megumi Nishizaki sebagai penulis cerita. OAV ketiga berjumlah 4 episode dan mulai rilis 21 Desember 2001. Nahh yukkk...langsung ke inti cerita.


Dunia Fushigi Yuugi



Fushigi Yuugi mengambil setting China kuno. Di dunia ini terdapat empat dewa yang dipuja dan disembah oleh penduduk dunia ini. Keempat dewa ini masing-masing mewakili arah mata angin, warna, negara, musim dan elemen dalam mitologi China kuno. Keempat negara yang terdapat di dunia ini hanya menyembah satu dewa saja. Keempat dewa yang ada adalah Gembu, Byakko, Seiryuu dan Suzaku.


Gembu


Gembu digambarkan dalam wujud kura-kura dan ular. Gembu adalah dewa penjaga bagian utara. Dia mewakili warna hitam, musim dingin, dan elemen tanah. Gembu sendiri melambangkan siasat perang. Negara yang menyembah Gembu adalah Hokkan. Hokkan adalah negara terbesar dari keempat negara yang ada. Cuaca di Hokkan lebih dingin daripada negara-negara lainnya.
Ketujuh pelindung Gembu adalah : Hikitsu, Tomite, Inami, Uruki, Urumya, Hotsui, dan Namame.


Byakko


Digambarkan sebagai seekor harimau putih. Byakko adalah dewa penjaga bagian barat. Byakko mewakili warna putih, musim gugur, element logam. Byakko sendiri melambangkan tetumbuhan. Negara yang menyembah Byakko adalah Sailo.
Ketujuh pelindung Byakko adalah : Tokaki, Subaru, Tatara, Kokie, Amefuri, Karasuki, dan Toroki.


Seiryuu


Digambarkan sebagai naga berwarna biru. Seiryuu adalah dewa penjaga bagian timur. Seiryuu mewakili warna biru, musim semi dan elemen air. Seiryuu sendiri melambangkan peperangan. Negara yang menyembah Seiryuu adalah Kutou. Kutou adalah negara yang agresif dan sering menyerang negara-negara tetangganya.
Ketujuh pelindung Seiryuu adalah : Nakago, Amiboshi, Suboshi, Soi, Ashitare, Tomo, dan Miboshi.


Suzaku


Digambarkan sebagai burung Phoenix. Suzaku adalah dewa penjaga bagian selatan. Suzaku mewakili warna merah, musim panas dan elemen api. Suzaku sendiri melambangkan cinta. Negara yang menyembah Suzaku adalah Konan.
Ketujuh pelindung Suzaku adalah : Tamahome, Hotohori, Nuriko, Chichiri, Tasuki, Mitsukake, dan Chiriko.

TV Series

Kisah ini dimulai dari 2 orang siswi kelas 2 SMP, Yuuki Miaka yang mempunyai hobi makan, dan Yui Hongo yang merupakan pelajar teladan di sekolahnya. Miaka dan Yui adalah tokoh sentral di dalam kisah ini dimana keduanya adalah teman akrab sejak kecil dan duduk di kelas yang sama. Yui yang pintar sedangkan Miaka yang hanya memikirkan makanan daripada pelajaran, karenanya Miaka sangat membutuhkan Yui, apalagi dalam waktu dekat mereka akan lulus SMP dan menghadapi tes untuk memasuki Jonan Gakkuen, yang kebetulan merupakan SMU unggulan. Kejadian bermula pada saat mereka berkunjung ke gedung perpustakaan nasional. Pada saat Miaka menunggu Yui, bayangan seekor Burung Phoenix menuntunnya menuju ke sebuah ruangan tempat penyimpanan buku-buku khusus. Miaka yang diikuti oleh Yui kemudian menemukan sebuah buku dan mereka tidak sengaja membaca buku Shi Jin Ten Chi Sho (Empat Dewa Langit dan Bumi). Begitu mereka membuka buku tersebut, mereka langsung tersedot ke dalam dan terdampar di sebuah daerah yang sangat asing bagi mereka. Malangnya mereka bertemu dengan sekelompok bandit yang bekerja sebagai penjual wanita. Tak ayal mereka berusaha melawan walau kekuatan mereka tidak seimbang. Pada saat itu datanglah seorang pemuda tampan bernama Tamahome menolong Miaka dan Yui. Namun Tamahome meminta imbalan atas pertolongan itu. Tamahome langsung pergi lagi ketika tahu bahwa mereka berdua tidak punya uang. Saat itu juga Yui menghilang dan kembali ke dunia asal, sedangkan Miaka seorang diri berusaha untuk mencari Yui ke kota Konan.

di Konan, orang-orang yang memakai pakaian setempat merasa aneh melihat seragam SMP yang dipakai oleh Miaka, ia menjadi sasaran sekelompok orang yang berniat buruk terhadap Miaka. Tamahome yang mencium kehadiran Miaka di kota Konan datang tepat waktu dan menolong Miaka. Tamahome kemudian bersedia untuk membantu Miaka mencari Yui. Pada saat Raja Konan melintas, Miaka tanpa malu-malu mendekati rombongan tersebut untuk meminta sedikit sumbangan dari raja tersebut. Karena ceroboh, Miaka tidak sengaja menarik salah satu kain singgasana hingga robek. Tamahome dan Miaka segera dikepung oleh pasukan kerajaan. Pada saat itu pula tubuh Miaka mengeluarkan cahaya lalu lenyap untuk sesaat. Dia melihat Yui sudah kembali ke dunia asal dan sedang membaca buku Shi Jin Ten Chi Sho di perpustakaan, hal ini membuat lega hati miaka karena dia tahu kalau Yui selamat. Walaupun mereka terpisah, Yui dapat merasakan apa yang Miaka rasakan, seperti pada saat Miaka luka maka Yui ikut berdarah dan dapat merasakan sakitnya. Belakangan mereka mengetahui penyebabnya karena mereka memakai baju sekolah yang sama.

Miaka dan Tamahome kemudian di penjara, walau kemudian berhasil melarikan diri. Pada saat melarikan diri Miaka bertemu dengan Hotohori yang tak lain adalah raja Konan. Pada awalnya Miaka mengira Hotohori adalah wanita. Hotohori segera menyadari kalau Miaka adalah Suzaku no Miko (Dewi Suzaku) yang akan menyelamatkan Konan. Karena menurut legenda, para Miko (Dewi) adalah oramg-orang yang datang dari dunia lain. Sedangkan Hotohori dan Tamhome adalah 2 orang dari 7 pelindung Suzaku.

Awalnya Miaka sedikit ragu menjadi Suzaku No Miko, tapi saat Hotohori memberitahunya jika Miaka sebagai sang Miko dapat mengumpulkan ke 7 pelindung Suzaku maka semua permohonannya akan terkabul, termasuk permohonannya untuk kembali ke dunianya. Maka dimulailah usaha mereka mencari pelindung Suzaku yang lain. Disinilah terjalin kisah-kisah asmara di antara Tamahome, Hotohori dan Miaka. Miaka menyukai Tamahome, namun Hotohori menyukai Miaka dan akan melindunginya dengan sepenuh hati. Tamahome mundur ketika mengetahui perasaan raja muda Konan itu walaupun dirinya sendiri sebenarnya suka dengan Miaka. Melihat hal tersebut Miaka berusaha untuk menyukai Hotohori.

Pada saat itulah mereka bertemu Nuriko, pelindung Suzaku yang ketiga, yang juga tinggal di istana. Namun Nuriko membenci Miaka dan mengejar Tamahome, tentunya hal ini membuat Miaka jengkel plus cemburu. Tetapi sebenarnya orang yang Nuriko sukai adalah Hotohori, dan Miaka bersedia membantunya. Tapi di saat itu, Miaka menderita sakit karena rasa rindunya pada keluarganya. Hotohori memutuskan untuk menemui seorang pertapa Taitsukun yang dulu memberikan buku Shi Jin Ten Chi Sho pada leluhurnya. Mereka ber-4 memulai perjalanan untuk pergi menemui sang pertapa dan berhasil bertemu dengan Taitsukun yang tinggal di sebuah tempat yang hanya dapat dilihat oleh orang yang hatinya bersih.

Taitsukun menguji Miaka apakah memang benar Miaka adalah Suzaku no Miko, dan Taitsukun juga memberi petunjuk pada Miaka. Tanpa diduga Miaka diperbolehkan untuk kembali ke dunianya walaupun ke-7 pelindung Suzaku belum terkumpul semua, tentunya kesempatan ini tak disia-siakan oleh Miaka. Setelah berhasil kembali kedunianya, Miaka tidak mampu menemukan Yui, dan ternyata Yui telah masuk ke dalam buku Shi Jin Ten Chi Sho ketika Miaka kembali. Miaka akhirnya mengambil keputusan untuk kembali ke buku tersebut. Saat dia muncul di hadapan Hotohori, ternyata waktu telah berjalan 3 bulan, sedang Miaka keluar dari buku tersebut hanya semalam (waktu dalam buku lebih cepat dari waktu di luar buku atau dunia asal Miaka).

Di lain tempat, tepatnya di kota Kutou (musuh kota Konan), Yui sudah dinobatkan sebagai Seiryuu no Miko (Dewi Seiryuu) dengan Nakago sebagai salah satu pelindungnya. Berbeda dengan Miaka, Yui mendapat pengalaman yang sangat pahit saat datang kedua kalinya dalam buku. Nakago berhasil menghalangi Yui yang ingin bunuh diri karena kejadian yang dialaminya. Karenanya Yui menjadi sangat dendam dengan Miaka karena menganggap gara-gara Miakalah, ia menjadi seperti itu dan Miaka sendiri selalu ditemani oleh laki-laki yang Yui sukai, Tamahome.

Miaka akhirnya berhasil menemukan Yui dan berusaha membawanya pulang, tetapi Yui telah jatuh ke dalam hasutan jahat dan menolak tawaran Miaka. Tidak hanya itu, Yui bahkan menerima tawaran menjadi Seiryuu no Miko dan memusuhi Miaka. Sebagai Seiryuu no Miko, juga bertugas untuk mengumpulkan ke-7 pelindung Seiryuu. Sejak saat itu pertempuran antara Suzaku dan Seiryuu dimulai. Dengan berbagai cara Yui berusaha merebut Tamahome dari Miaka, namun cinta Tamahome terhadap Miaka sudah tidak dapat dirubah lagi. Hal inilah yang membuat Tamahome mendapat siksaan berat dari Nakago, sampai akhirnya Tamahome dihilangkan ingatannya dengan menggunakan obat disebut Kodoku.





Hati Miaka sangat hancur ketika melihat orang yang ia cintai berusaha untuk membunuhnya. Hotohori sendiri sangat sedih karena dirinya tidak mampu membuat Miaka gembira dan menggantikan posisi Tamahome. Hotohori kemudian menantang duel Tamahome yang sudah menjadi budak Nakago. Tamahome berhasil diselamatkan oleh rasa cinta Miaka kepada dirinya begitu juga sebaliknya, walau dia terluka karena tertusuk pedang Hotohori. Tamahome pun kembali berkumpul dengan Hotohori, Miaka dan 3 pelindung Suzaku yang sebelumnya telah Miaka temukan, Chiciri, Tasuki dan Mitsukake. Persaingan antara Suzaku dan Seiryuu semakin memanas, berkali-kali Yui berusaha menyakiti Miaka baik secara fisik maupun mental, namun Miaka tidak membenci perlakuan sahabatnya. Dia percaya bahwa dia bisa membawa Yui kembali ke dunia nyata dan persahabatan mereka akan kembali seperti semula. 

Mulailah Miaka berkelana bersama teman-temannya mencari sisa pelindung untuk mendapatkan kekuatan Suzaku agar dia dapat membawa Yui pulang kembali ke dunianya. Yui juga tidak tinggal diam. Dia berusaha keras mencegah Miaka untuk mendapatkan kekuatan Suzaku. Berbagai peristiwa dialami Miaka dan teman-temannya dalam pengembaraannya. kesedihan, kegembiraan, pengkhianatan, cinta, persahabatan sejati dialami oleh Miaka dan membuatnya semakin dewasa. Tiba saat berhasilnya terkumpul 7 pelindung, namun Miaka gagal memanggil Suzaku dikarenakan salah satu pelindung ada yang menyamar sebagai Chiriko yang tidak lain adalah Amiboshi, salah satu pelindung Seiryuu. Pelindung Suzaku mengejar Amiboshi sampai akhirnya terjatuh ke jurang. Miaka sempat memegang tangan Amiboshi sambil menangis karena dia percaya kalau Amiboshi bukan orang yang jahat. Mendengar hal tersebut, Amiboshi tersenyum hangat dan melepas tangan Miaka dan dia menjatuhkan dirinya ke jurang. Di samping itu Miaka juga harus menghadapi rasa bersalah karena kemunculan dirinya maka para pelindung Suzaku harus menderita. Tamahome harus kehilangan seluruh keluarganya karena dibunuh oleh Suboshi, salah satu pelindung Seiryuu, Nuriko yang harus kehilangan nyawa karena mempertaruhkan nyawanya melawan Ashitare, sosok monster serigala yang juga termasuk salah satu pelindung Seiryuu. Para pelindung Seiryuu satu per satu tewas dalam usahanya menghalangi para pelindung Suzaku. Miaka harus menelan kesedihan yang pahit karena harus kehilangan para pelindungnya yang berusaha melindunginya sampai ia bertemu dengan Pelindung Gembu dan Pelindung Byakko (dua Dewi sebelum Miaka & Yui) yang bisa menolongnya untuk bisa memanggil Suzaku, yaitu dengan warisan Mustika dari para Dewi terdahulu.


Belum cukup cobaan yang harus Miaka hadapi, ia harus menerima kenyataan kalau Yui berhasil memanggil Seiryuu dan mengajukan permintaan untuk menghilangkan semua kekuatan pelindung Suzaku dan membawanya pulang bersama Miaka ke dunia asalnya. Kutou siap memulai peperangan melawan Konan. Miaka yang tidak bisa berbuat banyak harus kembali tersedot ke dunia asalnya tanpa harus membantu pelindungnya dalam menghadapi pelindung Seryuu yang sudah memusnahkan kota Konan dan tanpa sadar Tamahome ikut juga tersedot ke dunia asal Miaka. Mengetahui hal itu Yui tidak tinggal diam dan berusaha kembali memisahkan mereka. Di Kota Konan para pelindung Suzaku yang sudah kehilangan kekuatan terpaksa bertempur dengan kekuatan seadanya, Hotohori, sebagai raja tak kuasa melihat rakyatnya menderita harus turun tangan maju ke medan perang namun harus mati di tangan Nakago. Mitsukake yang juga pelindung Suzaku juga meregang nyawa karena kehabisan tenaga menolong rakyat Konan yang terluka.

Melihat hal tersebut, Miaka sangat terpukul dan tidak tahu harus berbuat apa, Yui yang sadar kalau dirinya berada dalam bahaya karena badannya hampir melebur dengan Seiryuu mengetahui kalau dirinya selama ini hanya diperalat oleh Nakago, ia sangat menyesal dan mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Miaka dan para pelindungnya dengan mengajukan permintaan terakhir dengan mengembalikan kekuatan Suzaku. Sang Dewi jika sudah mengajukaan 3 permintaan maka Sang Dewi akan melebur dengan dewa tersebut. Setelah banyaknya pertumpahan darah yang sudah dilewati, akhirnya Miaka berhasil memanggil Suzaku dan memulihkan Yui, Miaka dan Yui berhasil kembali ke dunia asal tanpa melupakan Tamahome yang juga ikut ke dunia asal Miaka dan melanjutkan kisah cinta mereka.











Original Animation Video (OAV) 1


Cerita dimulai dari pencurian buku Shi Jin Ten Chi Sho dari perpustakaan. Semtara itu Miaka, Tamahome, Keisuke, dan Tetsuya pergi ke Morioka mengunjungi makam Suzuno Oosugi, Dewi Byakko. Di makam tersebut tiba-tiba Tamahome menghilang dan kembali ke dunia dalam buku meninggalkan Miaka yang jatuh pingsan. Tamahome terbangun di negeri Konan. Mencoba mencari jalan pulang dia pergi ke istana kerajaan. Sedangkan Miaka pada saat itu, terbaring sakit di rumahnya. Tiba-tiba muncul berita bahwa perpustakaan nasional terbakar dan buku Shi Jin Ten Chi Sho tercuri dari perpustakaan. Setelah diselidiki ternyata ada Dewi Gembu baru yang dipanggil ke dalam buku. Hal ini seperti menulis ulang cerita yang telah ditulis. Lama kelamaan dewi dewi lainnya akan menghilang dari dalam buku termasuk Yui dan Miaka.

Kembali  di negeri Konan, Tamahome menemukan bahwa dia tidak bisa masuk ke kuil Suzaku yang ada di istana. Merasa kebingungan, dia memutuskan pergi menemui Taiitsu di gunung Taikyoku. Tetapi dia pun tidak bisa memasuki gunung ini. Kebingungannya semakin bertambah ketika ada seorang gadis yang memanggilnya dengan nama Nakago dan huruf yang ada di keningnya ternyata berubah menjadi huruf "Kokoro" yang semula dimiliki oleh Nakago. Kebingungan Tamahome ini disebabkan oleh ilusi yang dibuat oleh Tomo. Tomo yang seharusnya sudah meninggal dibangkitkan oleh seseorang yang bernama Tenkou. Tenkou berambisi untuk mengambil kekuatan salah satu dewa. Untuk itu dia kemudian memperalat Yui. Yui yang dikuasai Tenkou mengambil buku Shi Jin Ten Chi Sho dan kemudian masuk ke dalam buku menjadi Dewi Gembu. Hal ini menyebabkan kekacauan dalam waktu. Pelindung-pelindung yang seharusnya sudah meninggal hidup kembali. Ada pula pelindung yang muncul sebelum waktunya. Kekacauan dan pertempuran terjadi di antara pelindung itu. Saat itu pula Nakago tiba-tiba muncul. Dia menghancurkan anting-anting yang diberikannya pada Yui. Ternyata anting-anting inilah yang mengendalikan Yui. Setelah hancur, Yui tersadar kembali. Saat itu pula Tenkou muncul dan menculik Yui.









Di dunia nyata, Miaka menemukan buku Shi Jin Ten Chi Sho di kamar Yui dan mengetahui apa yang terjadi pada Yui. Dia segera menyusul Yui ke dunia dalam buku. Tanpa disadarinya, Tenkou telah menunggunya. Pertempuran antara Tenkou dan para pelindung Suzaku tidak terelakkan. Tetapi Tenkou menggunakan cara licik dengan menggunakan Yui sebagai perisai yang menyebabkan mereka tidak bisa menyerangnya. Untunglah Suboshi datang dan meyelamatkan Yui dari tangan Tenkou. Yui yang diselamatkan dari tangan Tenkou mendapat bisikan dari Dewi Gembu lama agar dia memanggil Gembu. Yui akhirnya berubah menjadi Dewi Gembu dan memanggil Gembu. Dia meminta agar Tenkou dikurung dengan bantuan kekuatan 4 dewa. Setelah itu dia memulihkan keadaan waktu yang kacau menjadi seperti semula.

Tetapi masalah belum selesai. Kekacauan ini terjadi karena Tamahome yang seharusnya adalah toko dalam buku ternyata muncul di dunia nyata dan menyebabkan keseimbangan antara dua dunia terganggu. Agar hal yang sama tidak terulang lagi, Tamahome harus menetap di dunia dalam buku. Tamahome dengan berat hati memutuskan untuk menetap di dunia dalam buku dan meninggalkan Miaka. Perpisahan tidak terelakkan. Miaka dan Yui kembali ke dunia nyata sedangkan Tamahome harus menetap di dunia dalam buku.



Miaka yang sedih dihibur oleh Yui. Ketika mereka sedang makan di sebuah kafe, mereka terkejut melihat pelayan yang melayani mereka mempunyai wajah mirip dengan Tamahome, bahkan di kalungnya terdapat cincin yang diberikan oleh Miaka kepada Tamahome. Apa yang sebenarnya terjadi? Ternyata Tamahome diberikan satu kesempatan oleh Taiitsukun untuk dapat bersama dengan Miaka. Dia diharuskan mengurung seluruh kekuatan dan ingatannya ke dalam tujuh bola agar dia bisa dilahirkan kembali ke dunia nyata. Tamahome menyanggupi hal ini dan dia pun dilahirkan kembali di dunia nyata sebagai Taka. Sampai akhirnya dia bertemu kembali dengan Miaka di kafe tersebut.




Disinilah akhir dari OAV pertama. OAV pertama dibuat untuk menyelaraskan alur cerita antara versi manga dan anime. Mengapa demikian?
Sebab di Manga, yang datang ke dunia nyata bukanlah Tamahome melainkan Taka. Karena itu untuk meneruskan melanjukan cerita di manganya. Haruslah dibuat suatu penjelasan dulu bagaimana Tamahome berubah menjadi Taka. Setelah OAV pertama selesai nantinya dilanjutkan dengan OAV kedua yang mengikuti cerita dari manganya.

Original Animation Video (OAV) 2



Cerita dimulai dari mimpi aneh yang dialami oleh Miaka dan Taka. Mereka bertemu dan membicarakan mimpi mereka. Di sekolah Miaka, ada murid baru bernama Ren Shigyou. Murid baru ini amat misterius karena tampaknya dia mengetahui asal usul Taka. Sementara itu di universitas tempat Keisuke, Tetsuya dan Taka belajar, seorang mahasiswi baru juga muncul dan bergabung dengan klub yang anggotanya hanya Keisuke, Tetsuya dan Taka. Sementara itu kejadian aneh terjadi, Miaka dan Taka dipanggil oleh suatu surat aneh ke atap di sekolah Miaka. Di sana mereka diserang oleh sekelompok murid yang terlihat aneh. Miaka dijatuhkan dari atap oleh murid-murid tersebut. Taka terjun dan berusaha menolongnya ketika tiba-tiba muncul sinar merah dan mereka terbawa masuk kembali ke dunia dalam buku. Di sana mereka bertemu dengan Chichiri dan Tasuki. Taka pun mulai mendapat ingatannya sebagai Tamahome kembali.








Setelah itu mereka pergi ke gunung Taikyoku dan menemui Taiitsu untuk meminta penjelasan. Di sana mereka bertemu dengan semua teman-teman mereka dan Taka juga mendapatkan sebagian ingatannya kembali. Taiitsukun menjelaskan bahwa Tamahome mengurung semua ingatannya ke dalam 7 bola agar bisa terlahir kembali. Kini Tenkou yang telah mereka kurung telah terlepas dan dia mengejar ke 7 bola ingatan milik Tamahome karena dengan itu dia dapat menguasai dua dunia. Mereka harus mendapat ke 7 bola tersebut sebelum Tenkou mendapatkannya. Tiba-tiba terjadi ledakan di gunung Taikyoku. Taiitsukun terkena ledakan ini tetapi Miaka dapat diselamatkan oleh Tasuki. Taka dan lain-lainnya juga selamat dari ledakan ini.  Mereka kemudian memutuskan pergi ke istana kerajaan Konan untuk mencari bola ingatan milik Tamahome. Di sana mereka bertemu dengan Houki dan Boushin. istri dan anak Hotohori. Tampaknya bola ketiga ada di tubuh Boushin tetapi mereka tidak tahu bagaimana mendapatkannya. Saat itu muncul seekor monster yang menyamar menjadi manusia yang mencoba membunuh Boushin. Hotohori berhasil mengalahkan monster itu dengan cepat. Pertempuran Hotohori dengan monster itu membuat tubuh Hotohori dapat terlihat oleh anak dan istrinya. Boushin melihat ayahnya berusaha untuk memeluknya tetapi dia gagal dan terjatuh menangis. Hotohori berusaha menenangkannya tetapi tidak bisa. Taka melihat hal ini meminjamkan tubuhnya pada Hotohori untuk menenangkan Boushin. Digendong oleh ayahnya, Boushin mulai tenang. Dia bahkan mulai bisa berbicara dan memanggil ayah pada Hotohori. Semua kejadian ini rupanya mengeluarkan bola ketiga dari tubuh Boushin. Tiba-tiba dari dalam tubuh Boushin muncul cahaya biru dan Taka berhasil mendapatkan ingatannya kembali. Tiba-tiba cahaya merah menyinari Miaka dan Taka. Mereka dipaksa kembali ke dunia mereka. Mereka kembali ke dunia nyata di kamar Yui. Yui menceritakan kepada Miaka tentang keanehan Ren, murid baru di sekolah mereka itu. Dia juga menasehati Miaka agar tidak pergi ke sekolah. Taka setuju dengan Yui.


Tetapi Miaka memang keras kepala. Pagi harinya diam-diam dia menyelinap pergi ke sekolah. Taka mengetahui Miaka diam-diam pergi dan menyusulnya. Tapi Taka dihentikan oleh Miiru yang berpura-pura pingsan. Taka berusaha menolongnya tetapi Miiru menggigit telinganya dan menyebabkan Taka pingsan. Sementara itu di sekolah, Miaka ditangkap oleh Ren. Tetapi untunglah Taka datang menolongnya. Ketika bertarung dengan Ren, mereka berhasil mengalahkannya tetapi mereka juga terseret masuk kembali ke dunia dalam buku. Mereka tiba dan bertemu dengan teman-teman mereka lagi. Miaka kemudian mengetahui bahwa mereka bermaksud mencuri sebuah bola kristal dari rumah Nuriko. Di dalam bola itu terdapat bola ingatan yang keempat. Bola itu disimpan oleh Rokou, kakak Nuriko. Ketika mereka berusaha mengambilnya, Rokou memergoki mereka dan dia menyembunyikan bola itu. Miaka berusaha mengejarnya ketika tiba-tiba seekor monster keluar dari tubuh Taka. Mereka terpaksa menahan monster itu. Tampaknya monster itu muncul dari luka yang diakibatkan oleh gigitan Miiru di telinga Taka. Monster itu akhirnya berhasil dikurung oleh Chichiri. Sementara itu Miaka, Tasuki dan Nuriko berusaha menyusul Rokou. Mereka akhirnya berhasil membawa Rokou kembali. Taka berusaha melawan monster dari dalam tubuhnya tetapi usahanya sia-sia. Monster itu hampir keluar dari tubuh Taka. Tapi untunglah Miaka datang dan membantu Taka mengeluarkan monster itu dari tubuhnya. Dengan demikian Taka mendapatkan bola ingatannya yang keempat.







Malam itu Miaka dan Taka didatangi oleh Miiru. Dia berusaha mengontrol Taka untuk membunuh Miaka. Taka yang marah mengeluarkan kekuatan yang dimiliki Tamahome dan berhasil menghancurkan sihir Miiru. Tiba-tiba dari belakang Miiru muncul Tenkou. Chichiri yang merasakan hawa jahat Tenkou, membangunkan teman-teman lainnya dan pergi ke kamar Miaka. Tetapi sebuah tirai pelindung melindungi jalan mereka. Mereka hanya bisa melihat adegan yang terjadi di dalam kamar. Tenkou menyiksa Taka kemudian dia mengambil semua bola ingatan yang telah dikumpulkan Taka. Hotohori berhasil merobek sedikit tirai perlindungan itu. Nuriko meminjam pedang Hotohori dan melemparkannya ke arah Tenkou. Tenkou melihat bahaya yang datang menggunakan Miiru sebagai perisainya. Tenkou melihat kematian Miiru justru semakin menyiksanya dengan memperlihatkan Ren kepadanya. Setelah itu Tenkou membunuh mereka berdua.


Pagi harinya Miaka dan Taka menyendiri setelah pertemuan dengan Tenkou. Mereka memikirkan apa yang dilakukan Tenkou pada Taka kemarin. Tasuki yang diam-diam mencintai Miaka memperhatikannya dari jauh. Ketika tiba-tiba ada sebuah dinding air yang muncul didepannya. Sementara Taka yang telah selesai memutuskan untuk menemui Miaka. Di tengah jalan dia dihandang oleh Tasuki. Tasuki yang dipengaruhi oleh kekuatan jahat menghajar Taka dan kemudian membawa Miaka. Dia berusaha memaksa Miaka melakukan hal yang tidak diinginkannya. Tetapi untunglah Taka datang. Dia bertarung lagi dengan Tasuki tetapi karena dia tidak mempunyai kekuatan Tamahome, pertarungan berjalan tidak seimbang. Miaka berusaha menyadarkan Tasuki dari pengaruh jahat yang mempengaruhinya. Tasuki yang tersadar merasa sangat menyesal dan hampir saja membunuh dirinya sendiri. Untunglah Chichiri dan yang lainnya datang dan menolong Tasuki. Ketika tersadar, Tasuki mengatakan bahwa dia melihat air yang aneh dan kemudian membuatnya melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya. Tiba-tiba dari bawah Miaka muncul genangan air yang kemudian menyerang semua orang. Chichiri mengenali jenis sihir yang dipakai dan menyebut nama Hikou, temannya yang terbunuh delapan tahun lalu.

Hikou menampakkan diri pada Chichiri. Dia mengatakan akan membalas dendam pada Chichiri. Kemudian dia membuat Taka dan Chichiri pingsan. Setelah itu dia menculik Miaka. Chichiri yang tersadar bersama dengan Tasuki dan Taka pergi untuk menyelamatkan Miaka. Mereka akhirnya tiba di tempat persembunyian Hikou. Pertempuran Hikou dan Chichiri tidak terelakkan lagi. Dengan bantuan Taka dan Tasuki, mereka berhasil mengalahkan Hikou. Hikou yang sekarat akhirnya berbaikan dengan Chichiri dan segala kesalahpahaman di antara mereka terselesaikan. Tak bisa menahan sedih atas kematian sahabatnya lagi, Chichiri menjerit sekuatnya.

Malam itu, mereka sedang beristirahat memulihkan luka-luka mereka. Ketika itu tiba-tiba muncul seseorang yang bernama Yosui. Mereka tidak berdaya menghadapi serangannya. Di saat kritis tiba-tiba ada sebuah bola energi berwarna merah yang menghancurkannya. Semua sangat terkejut, terutama Miaka, melihat bahwa yang mengeluarkan bola energi itu tidak lain adalah Tamahome! Kemunculan Tamahome membuat Miaka dan Taka bingung. Kebingungan Taka bertambah ketika dia tidak melihat bayangannya di cermin. Miaka yang kebingungan terjatuh pingsan. Taka dan Tamahome menungguinya ketika dia pingsan. Ketika itu Taka memutuskan untuk menyerahkan Miaka pada Tamahome. Taka sendiri memutuskan untuk kembali ke dunia nyata. Di dunia nyata, Taka yang bersedih memandang ke dalam cermin tiba-tiba tampak bayangan Tamahome didalamnya. Tamahome di dalam dunia buku ternyata adalah Yosui. Dia berusaha memisahkan Taka dan Miaka. Taka yang tidak bisa berbuat apa-apa merasa menyesal meninggalkan Miaka dan teman-temannya.

Di dunia mimpi, Tamahome (Yosui) berusaha merayu Miaka dan melupakan Taka. Ketika Tamahome berusaha mencium Miaka, Miaka tiba-tiba tersadar karena mendengar suara Taka. Miaka menyadari bahwa dia mencintai Taka bukan Tamahome. Air mata Miaka menetes ke lantai dan menyebabkan munculnya sinar merah. Didalamnya miaka melihat Taka yang menunggunya. Miaka memasuki sinar itu. Dia mendarat tepat di pelukan Taka yang menunggunya. Malam itu mereka terus bersama-sama, mengungkapkan janji setia untuk selamanya.

Pagi harinya berita digemparkan oleh sebuah pulau yang tiba-tiba muncul di tengah lautan pasifik dan kini bergerak dengan kecepatan tinggi menuju teluk Tokyo. Pulau itu adalah benteng Tenkou, Heijou. Kepanikan dengan cepat pecah di tengah kota Tokyo. Kemunculan pulau yang misterius itu menimbulkan kegemparan bagi warga kota. Sementara itu Miaka dan Taka mendapat kunjungan dari Keisuke, Tetsuya dan Yui. Miaka berusaha menyampaikan selamat tinggal pada Yui. Rupanya Miaka dan Taka bertekad untuk melawan Tenkou.

Sementara itu Tenkou agaknya telah mengetahui kedatangan Miaka dan Taka. Dia menyuruh Yosui menghadapi mereka. Pertarungan Yosui dan Taka tidak terelakkan. Taka tidak bisa berbuat banyak menghadapi serangan Yosui. Ketika Yosui akan memberikan serangan terakhir, Miaka melompat dan melindungi Taka dari serangan Yosui. Kematian Miaka membuat tirai pelindung yang mengurung Tenkou menghilang. Tenkou pun pergi ke dunia nyata dan membuat kekacauan di sana. Sementara itu Yosui dan Taka masih shock terhadap kematian Miaka. Di dalam pikiran Taka, Miaka berusaha menyemangati Taka agar menghentikan Tenkou. Taka yang tersadar dari rasa shocknya mendekati Yosui dan kemudian mengambil kekuatan dan ingatan Tamahome dari diri Yosui. Kemudian dia pergi ke dunia nyata sambil menggendong Miaka. Taka muncul di depan benteng Tenkou di dunia nyata.

Tenkou yang mengetahui bahwa Taka telah mempunyai kekuatan Tamahome segera menyerangnya. Tapi sebelum serangan mencapai Taka, 6 kekuatan lain telah menangkisnya. Ternyata Chichiri dan yang lain-lainnya juga tiba di dunia nyata. Tiba-tiba terdengar suara Miaka yang merapalkan mantra memanggil Suzaku. Suzaku muncul dari langit. Disebelahnya tampak wujud Suzaku dalam wujud manusia. Di saat itu pula di tengah lautan, Seiryuu muncul dari balik ombak. Di gunung yang terdekat, Gembu muncul dari dalam tanah. Dan dari hutan didekatnya muncul Byakko yang raungannya terdengar sampai ke angkasa. Dengan kekuatan keempat dewa, akhirnya Tenkou dapat dihancurkan. Dengan kematian Tenkou, semua kembali seperti semula. Taiitsukun hidup kembali. Miaka dan Taka pun hidup kembali. Para pelindung yang telah meninggal pun dapat bereingkarnasi kembali. Miaka dan Taka akhirnya kembali ke dunia nyata dan semuanya hidup bahagia.

Original Animation Video (OAV) 3 - Fushigi Yuugi: Eikoden

Seorang gadis muda bernama Mayo Sakaki yang menemukan buku Shi Jin Ten Chi Sho di lantai perpustakaan dan memutuskan untuk membawanya pulang. Namun dia kehilangan buku tersebut di bus dan putus asa tidak bisa menemukannya. Dua tahun kemudian, Miaka dan Taka menikah dan Mayo adalah gadis pemain di tim bola basket yang dilatih oleh Taka. Dia sangat menyukai Taka dan patah hati saat mengetahui Taka menikah. Saat sedang berjalan, tanpa sengaja dia akhirnya menemukan buku Shi Jin Ten Chi Sho. Ketika dia membukanya, dia membaca dan mempelajari seluruh isi cerita dalam buku tersebut dengan cepat. Hari berikutnya, ketia Mayo mengetahui bahwa Miaka hamil tiga bulan dari Taka dia sangat kesal, tertekan, dan tidak bahagia dengan hidupnya. Mayo ingin seperti Miaka masuk ke dalam buku dan menjadi Dewi Suzaku. Keisuke, yang telah menggantikan Taka, mengambil alih kepelatihan tim ingin menghentikannya, namun Mayo lolos masuk ke dunia dalam buku meskipun upaya Keisuke untuk menghentikannya tidak berhasil. Ketika Mayo memasuki buku tersebut, Miaka pingsan dan bayinya menghilang dari rahimnya. Para dokter mengklaim dia tidak memiliki tanda-tanda pernah hamil. Keisuke pergi ke rumah sakit dan memberi tahu Taka tentang Mayo, akhirnya Taka tahu penyebab hilangnya bayi Miaka dalam rahim dan taka memutuskan untuk masuk ke dunia dalam buku untuk menemukannya.



Di dunia buku, sepuluh tahun telah berlalu dan sedang dilanda kehancuran. Taka pergi ke istana Konan, di mana putra Hotohori, Boushin sekarang menjadi Raja Reizeitei dan istri Hotohori Houki adalah Janda Permaisuri Yotaigo. Mereka memberitahunya bahwa Mayo ada di sana dan berbohong tentang Miaka. Untuk mencoba membantu mengembalikan Mayo, Taka pergi mencari Chichiri dan Tasuki. Setelah ketiganya dipersatukan kembali, mereka dihadapkan ke dalam pertempuran dengan kelompok jahat yang menggunakan identitas pelindung Genbu. Setelah pertempuran yang sengit, mereka dapat mengalahkannya meskipun Taka terluka. Taiitsukun muncul dan menjelaskan bahwa jika dunia buku tidak akan hancur, dari 7 pelindung Suzaku yang tersisa harus dikumpulkan. Empat pelindung lainnya telah dilahirkan kembali, jadi ketiganya pergi untuk mencari mereka.

Sementara itu, Mayo ditarik ke kuil Suzaku oleh seekor phoenix, di mana Suzaku palsu memangsa kondisi mental Mayo yang melemah dan meyakinkannya bahwa Taka dan yang lainnya akan mengambil Shinzaho darinya dan membunuhnya. Shinzaho adalah jantung atau bayi Miaka yang masuk ke dalam buku dan bersemayam dalam tubuh Mayo. Di dunia nyata, Testuya, Yui dan Keisuke menjaga Miaka yang sedang terbaring tidak sadar di rumah sakit. Bersama-sama, mereka mengikuti alur cerita dengan membaca buku. Taka, Chichiri, dan Taisuki menemukan Chiriko, yang sekarang adalah bayi bernama Gakurei. Gakurei ingat kehidupan masa lalunya dan berbicara dengan mereka, tetapi tak lama kemudian ia mulai menjadi bayi normal. Gakurei memberikan Taka, Chichiri & Tasuki 3 ekor kuda guna memudahkan perjalanannya untuk mencari sisa pelindung. Dalam perjalan, cedera Taka menyebabkannya jatuh dari kudanya. Seorang gadis muda bernama Shoka muncul dan membantu mereka, dia menawarkan Taka air. Sementara mereka berbicara, seorang anak laki-laki bernama Chousei memanggil gadis itu, dan ketiganya segera menyadari bahwa dia adalah Mitsukake. Chousei menolak untuk pergi bersama mereka, dan mereka pergi. Shoka meyakinkan Chousei untuk pergi dengan yang lain, tetapi setelah dia pergi Shoka diserang oleh beberapa burung misterius. Taka, Chichiri, dan Taisuki kembali ke desa dan menemukannya hampir mati. Chousei juga kembali, tetapi ia dirasuki oleh Byakko palsu. Setelah dia dibebaskan, ingatan dan kemampuannya yang normal kembali dan dia mampu menyembuhkan Shoka dan Taka.

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan ke kota kecil di mana mereka bertemu seorang gadis kecil bernama Ko Reishun, dia merebut bola kristal yang diberikan Taiitsukun untuk membantu mereka dalam pencarian. Dia melawan Tasuki dan dengan mudahnya Tasuki kalah dari gadis tersebut, dan sayang  bola kristal hancur saat perkelahian. Setelah menemukan bola baru, Reishun ditangkap oleh makhluk yang tidak dikenal. Taka memotong monster tersebut dengan pedang suci, tetapi bagian atas tubuhnya melarikan diri ke danau terdekat di mana Seiryuu palsu muncul. Ketiganya menggabungkan kekuatan mereka dan mengalahkan makhluk jahat tersebut. Reishun ternyata adalah Nuriko yang terlahir kembali, mereka memintanya untuk pergi bersama mereka ke ibukota.

Kembali di Konan, Reizeitei berbicara dengan Mayo dan bertanya apakah dia tahu tentang masa lalunya. Mayo memutar cerita untuk membuat Miaka dan Hotohori tampak seperti orang yang mengerikan. Ketika Reizeitei menyebutnya pembohong, ia menyangkal dan mempertanyakan apakah Hotohori dan Houki pernah saling mencintai. Reizeitei mengatakan kepadanya bahwa Dewi Suzaku adalah orang yang cintanya tak terbatas, dan bertanya-tanya apakah Mayo, yang tidak menghormati Miaka, dapat menyelamatkan siapa pun. Mayo keluar dari kuil dan pergi ke kamarnya. Di sana, dia mendengar suara tanpa wujud, dan ternyata adalah sahabatnya di sekolah, Saori Kawai. Saori, dengan bantuan dari Keisuke, Tetsuya dan Yui, menggunakan beberapa kosmetik yang dipinjamnya dari Mayo sebagai media penghubung dan bisa membujuknya kembali ke dunia nyata. Ketika Mayo melihat di cermin tangannya, dia menyadari bahwa dia tidak memiliki refleksi dan merasakan kepanikan. Kemudian, saat dia mandi, wujudnya berubah jadi transparan. Tabib istana datang untuk memeriksanya. Mayo meminta maaf atas kebohongan yang dia katakan pada Reizeitei tentang Hotohori dan Miaka.









Di dekat sebuah makam besar untuk "The Suzaku King Shu Tendo," seorang bocah laki-laki bernama Shu Eian memberikan penghormatan. Reishun membawa yang lain kepadanya dan mereka menyadari bahwa dia adalah reinkarnasi Hotohori. Orang tuanya setuju untuk mengizinkannya pergi ke ibukota, tetapi setelah mereka berangkat, Suzaku

palsu menyerang mereka. Chirchiri menyadari bahwa dia mengejar Eian dan mengganti bocah itu dengan yang palsu. Taiitsukun tampaknya memberitahu mereka untuk bergegas ke ibukota karena Shinzaho dalam bahaya. Taka khawatir ada sesuatu yang terjadi pada Mayo. Keisuke menggunakan jimat ponsel sebagai media untuk berbicara dengan Taka dan memberitahunya tentang kondisi Mayo. Taka menyadarinya, jadi dia meminta Chichiri membawa rombongan kembali ke istana. Mayo merasa tertekan setelah mengetahui bahwa dia telah digunakan oleh Suzaku palsu. Ketika Suzaku palsu menyerang dia, tubuhnya mulai transparan dan seolah-olah akan menghilang. Mayo mencoba menenggelamkan dirinya sendiri, tetapi Taka tiba pada waktunya untuk menyelamatkannya, dan Shinzaho, yang merupakan bayi Miaka. Sementara mereka menunggu ingatan Nuriko dan Hotohori terbangun, mereka tahu Miaka telah mengirim bayi itu dengan Mayo untuk menyelamatkan Konan, karena dia sendiri tidak bisa pergi.

Mayo dan Miaka keduanya menghilang. Ketika segalanya tampak tanpa harapan, Miaka dan Mayo muncul kembali dan bersama-sama memanggil Suzaku. Suzaku menggunakan tubuh Taka untuk menghancurkan Suzaku palsu. Taka dan Mayo kembali ke dunia nyata. Akhirnya Mayo sadar dan lebih bijaksana atas masalahnya dan lebih menghargai hidupnya. Miaka juga akhirnya siuman di rumah sakit. Kemudian, dia melahirkan seorang gadis yang dia beri nama Hikari, dalam bahasa Jepang adalah cahaya, berharap dia akan menjadi seperti bintang-bintang yang selalu bersinar di Bumi.








Di halaman berikut akan saya bahas pengenalan para karakter Fushigi Yuugi

No comments:

Post a Comment